Sosialisasi Politik Yang Penting Untuk Masyarakat Indonesia

Sosialiasi politik bisa dikatakan sebagai proses pembelajaran individu dalam hal politik dan kemudian berkembang menjadi orientasi politik. Bisa dikatakan proses politik ini merupakan proses pembelajaran baik melalui proses pengalaman maupu tindakan segala hal tentang ilmu politik. Segala proses ini bukan hanya terjadi ketika seorang individu memasuki suatu proses umur tertentu, namun proses ini segalanya terjadi dari awal kehidupan hingga nantinya mencapai akhir hayat ini. banyak tingkah laku politik yang segalanya dipelajari dalam proses sosialisasi yang satu ini segala hal dipelajari baik secara diajarkan maupun berdasarkan intuisi semata, dan juga baik secara sadar maupun tidak secara sadar. Jadi segala proses ini memang berjalan secara lanjut tanpa tidak bisa dihentikan.

Ada beberapa aspek yang kemudian mempengaruhi sosialisasi politik yang ada di Indonesia. proses sosialisasi ini sendiri sebenarny merupakan proses dari pengalaman yang terjadi. Dan kemudian pada prosesnya bangsa Indonesia sendiri sudah memiliki begitu banyak pengalaman yang cukup lama dalam dunia politik. Oleh karena itu perkembangan politik di Indonesia sendiri merupakan sebenarnya sudah mengalami pasang surut yang luar biasa. namun dalam hal ini nyatanya proses sosialisasi menjadi bagian penting untuk bangsa Indonesia. Pemuda Indonesia saat ini memiliki pengetahuan politik yang merupakan warisan dari para nenek moyanh bangsa terdahulu. Jadi segala proses yang ada dalam dunia politik di Indonesia bisa dikatakan merupakan hasil dari proses sosialisasi yang selama ini ada di negara Indonesia.

Sosialisasi politik sendiri tentunya menjadi bagian yang penting untuk bangsa Indonesia. Jadi pada mada mendatang pun dunia politk di Indonesia akan terbentuk dari saat ini juga. Proses penurunan informasi politik untuk bangsa di masa mendatang menjadi tugas dari bangsa Indonesia di masa sekarang. Itulah pentingnya proses sosialisasi untuk terus melanjutkan dunia politik Indonesia. jadi baik atau buruknya dunia politik Indonesia di masa mendatang akan menjadi tanggung jawab dari para pelaku politik Indonesia sekarang ini.